News &
Updates

News Image

Share

ADA YANG MENARIK DI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA!
20 Agustus 2023

ADA YANG MENARIK DI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA!

          Hari ini kelas 9B kembali menjalani pembelajaran Bahasa Indonesia di lab Bahasa Indonesia. Sesuai kesepakatan kami sebelum memulai pembelajaran Bahasa Indonesia akan diawali dengan menyanyikan lagu “Mars PPK(Penguatan Pendidikan Karakter)” dan kadang ditambah dengan dance lagu-lagu pemberi semangat lainnya.

 Kebiasaan ini kami lakukan untuk mempersiapkan kita sebelum memasuki materi supaya mencairkan pikiran dan siap untuk belajar.

    Namun kali ini pembelajaran di lab Bahasa Indonesia sedikit berbeda dikarenakan kami dikenalkan dengan teknologi baru yang jarang kami gunakan yang bernama SMARTBOARD. Smartboard sendiri adalah sebuah alat yang berupa papan tulis elektronik yang dirancang dengan teknologi layar sentuh. Hari ini kami menggunakan smartboard untuk membahas materi tentang teks pidato. Kami belajar banyak tentang penggunaan smartboard, cara mengoperasikannya,dan cara mempresentasikannya.

          Lalu, pembelajaran Bahasa Indonesia dilanjut dengan membahas materi di sisa satu jam pelajaran ini. Lalu ditutup dengan refleksi selama 15 menit. 

Disaat refleksi, kita diajak untuk merenungkan kembali apa kegiatan yang kita lakukan dari pagi hingga siang hari, dimana kita mendapatkan umpan balik apakah kegiatan yang kita lakukan tersebut berdampak positif dan menyenangkan bagi kami, atau justru sebaliknya. 

Setelah merenungkan kembali selama 15 menit, kita diminta untuk menuliskan hal hal yang telah kami renungkan di dalam pembelajaran.