News &
Updates

News Image

Share

BERTANI SEJAK DINI MENANAM DARI KEBUN SEKOLAH
27 Maret 2024

SIDOARJO, Kampus Ursulin - SANMARU

(Rabu, 27 Maret 2024) Halaman sekolah dapat dimanfaatkan sebagai tempat bermain dan belajar. Saat ini tiap kelas di SMP SANMARU memiliki kebun sendiri, di kebun masing - masing para peserta didik bekerja sama untuk menanam dan memanen kebun mereka. 

 

Kebun sekolah adalah salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk dapat membantu siswa lebih mengenal lingkungan dan memahami lingkungan sehingga siswa sadar terhadap lingkungan dan membentuk sikap yang positif terhadap sikap lingkungan. 

 

Apa sih manfaat kebun sekolah? "Agar anak-anaknya bisa belajar menanam dan bisa meningkatkan kadar udara." Ujar Meri sebagai salah satu peserta didik kelas 7. Beberapa contoh tanaman yang ditanam di kebun sekolah ini adalah Sawi, Pokcoy, Bayam Brazil, Bunga Telang, Bayam merah dan Bayam hijau.

 

Dengan adanya pemanfaatan kebun sekolah sebagai pembelajaran, diharapkan guru dan siswa akan lebih akrab dengan lingkungan sehingga menumbuhkan rasa cinta terhadap lingkungan sekitar

Pembelajaran akan lebih bermakna karena kegiatan belajar lebih menarik dan tidak membosankan dibanding duduk dikelas selama berjam-jam sehingga motivasi belajar siswa lebih tinggi.

 

MJL & APH (7A)