News &
Updates

News Image

Share

CEKATAN MENANGANI CEDERA (P3K)
15 November 2023

 

Sidoarjo, Kampus Ursulin - SANMARU, “Waktu dan kesehatan adalah dua aset berharga yang tidak dikenali dan hargai sampai keduanya hilang.” – Denis Waitley. Para peserta didik kelas 8 berkumpul di area jalan kembar depan lobby SMP Santa Maria II Sidoarjo (20/10/2023). Para peserta didik berkumpul untuk menjalankan pelatihan tentang P3K. Sebelumnya, peserta didik kelas 8 sudah pernah melakukan pelatihan P3K berupa cara mengatasi cedera patah tulang dan terkilir di area lengan dan kaki serta cedera di area kepala.

"Sebelumnya adik-adik sekalian sudah pernah melakukan pelatihan tentang P3K bukan? Jika sudah, silakan dicoba dulu secara mandiri per-regu lalu tunjukkan kepada saya hasilnya untuk dievaluasi mungkin ada yang perlu ditingkatkan" Ujar salah satu kakak pembina pramuka.

Para peserta didik kelas 8 langsung melakukan seperti yang diinstruksikan oleh Kakak pembina. Tampak seperti mereka sudah cukup menguasai materi cara mengatasi cedera di area-area tertentu sesuai yang telah diajarkan sebelum-sebelumnya. Setelah itu mereka juga belajar untuk membuat tandu dari tongkat pramuka dan tali pramuka. Dari sini terlihat sangat jelas kekompakan regu dalam membangun tandu dan saling tolong menolong.

"Secara keseluruhan sudah bagus dan lancar. Mungkin untuk kedepannya bisa lebih dikembangkan lagi. Tepuk tangan untuk kita semua, terima kasih sudah bekerja sama dengan baik" ujar salah satu kakak pembina yang mendampingi para peserta didik kelas 8.

Harapannya, dari kegiatan ini jika ada yang cedera para peserta didik bisa langsung mengatasi cedera tersebut agar tidak menjadi semakin parah. Dari kegiatan inilah mereka dapat belajar untuk dapat saling tolong-menolong dan berjaga jaga untuk saling melindungi satu dengan yang lain, jangan sampai teman kita mengalami cedera yang fatal.

(CCF & DMJG - 8C)