News &
Updates

News Image

Share

GULA
17 Januari 2024

Sidoarjo, Kampus Ursulin - SANMARU. "Mulai setiap harimu dengan pikiran positif dan hati yang bersyukur." - Roy T. Bennett

Bertempat di kelas 8B(09/01/2024)

 

Pada (16/01/2024) pagi di sekolah dimulai seperti biasanya untuk seluruh peserta didik, mulai dari berbaris di depan kelas, lalu masuk dan mengikuti pembiasan pagi. Seperti biasanya, setelah pembiasaan pagi kelas 8B melakukan literasi pagi. 

 

Hari ini literasi di kelas 8b didampingi oleh Randy Mandagi, S.Sos, yang akrab disapa Pak Randy, beliau langsung meminta  peserta didik untuk berliterasi mengenai gula "Literasi kita hari ini akan membahas tentang manfaat dan kerugian tentang gula"

 

Semua peserta didik langsung menyiapkan buku literasi dan alat tulis di atas meja. Pak Randy mulai menyalakan video untuk literasi hari ini. Video itu berisi tentang manfaat gula dan dampak negatif. 

 

Di dalam video tersebut disampaikan bahwa "gula itu tidak memiliki manfaat apapun selain pemanis". Semua peserta didik mencatat hal-hal penting yang ada di dalam video tersebut.

 

Di dalam video tersebut juga diberi tahu bahwa dosis gula sewajarnya untuk pria hanya 9sdt atau 36gr dan untuk wanita memiliki dosis lebih kecil yaitu berkisar 5sdt atau 20gr, sedangkan anak-anak memiliki dosis lebih kecil alias sekitar 12gr atau 3sdt.

 

Dosis ini berlaku yang di luar makanan pokok seperti nasi dan lauk-laukan. Pak Randy juga menambahkan jika untuk satu hari, umumnya orang maximal mengonsumsi 50rg gula. Jika terlalu banyak gula, akan terjadi banyak juga masalah kesehatan. Contoh paling banyak adalah sakit gigi, diabet dan obesitas. 

 

Menjadi sebuah pengetahuan baru yang sangat penting bagi peserta didik 8B, sehingga membuat lebih peduli tentang kesehatan dan penggunaan gula sehari-harinya. 

 

(NAG)