News &
Updates

News Image

Share

Indahnya Kembang Api Dalam Gelas
26 Oktober 2023

Indahnya Kembang Api Dalam Gelas

Sidoarjo, Kampus Ursuline - SANMARU
(23/10/2023) Berkumpulah seluruh peserta didik kelas 8 di ruang OSIS yang akan segera memulai suatu eksperimen.

"Baik, jadi hari ini kita akan melakukan eksperimen massa jenis. Tetapi sebelum itu saya Alyn, dan teman saya Alex akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu massa jenis, boleh dicatat." Ujar Christalyn Cineshia Fonzie, atau yang biasa dikenal sebagai Alyn sebagai pemandu eksperimen.

Massa jenis merupakan ukuran yang memberitahu seberapa padat atau berat benda yang memiliki satuan gram per mililiter (gr/mL). Didalam eksperimen ini dibutuhkan bahan-bahan yang cukup simpel antara lain gelas plastik, air, minyak, pewarna makanan serta sendok.

"Jadi kesimpulannya bahwa mengapa pewarna bisa menyampur dengan air, namun pisah dari minyak itu karena perbedaan massa jenis antara minyak dan pewarna makanan. Pewarna dan air memiliki massa jenis yang hampir sama jadi mereka menyatu, sebaliknya dengan minyak. Begitu teman-teman" jelas Alyn.

Akhirnya Alyn dan Alex pun mulai eksperimen tersebut serta membantu teman-temannya yang membutuhkan bantuan. Para peserta didik pun mulai memahami konsep eksperimen ini dan dapat melihat indahnya air dan pewarna yang mulai menyampur. Akhirnya Alyn dan Alex berharap bahwa teman-teman mereka dapat menggunakan ilmu ini di kehidupan sehari-hari mereka.

(PGCD & QTW - 8B)