News &
Updates

News Image

Share

Kebersamaan Perwakilan Mahasiswi Wenzo - Taiwan di Sekolah Sanmaru.
28 Agustus 2023

Kebersamaan Perwakilan Mahasiswi Wenzo - Taiwan di Sekolah Sanmaru.


Sekolah Ursulin tidak hanya berada di Indonesia namun juga tersebar di luar Indonesia, diantaranya adalah Universitas Ursulin  Wenzo - Taiwan. Pada bulan Agustus sekolah Sanmaru mendapat kunjungan 2 perwakilan mahasiswi Universitas katholik Ursulin Wenzo - Taiwan di SMP Santa Maria II Sidoarjo  Kedua mahasiswi tersebut adalah Rubby dan Rebecca Mereka telah berproses selama 2 minggu bersama peserta didik dalam kegiatan akademik maupun non akademik.

Selama berada di sekolah, perwakilan mahasiswi tersebut sangat antusias mengikuti segala kegiatan dan gembira, karena banyak hal baru yang ditemui, seperti budaya orang Indonesia lakukan. Rubby mengatakan " in this school all the students always friendly and invite us to share or discuss about anything"  ucapnya.

Rebecca dan Rubby juga mengikuti latihan tari Remo asal dari Jawa Timur, yang di praktikan oleh peserta didik di Aula SMP, hal ini juga menjadi pengalaman yang menarik bagi mereka dengan mengikuti gerak lagu gamelan khas Jawa Timur, Indonesia.

Mereka mengenakan selendang khas Jawa Timur, walaupun gerakan yang dilakukan masih terlihat kaku karena tidak terbiasa menari daerah , dan ciri khas tari daerah Indonesia adalah posisi setengah merunduk (mendak).

Dalam  kegiatan kepramukaan, mereka membantu mendirikan tenda, dimana saat mendirikan tenda, salah satu diantara mereka yaitu Rebecca, tangannya tergores pasak tenda dan harus diberikan revanol untuk membersihkan dan obat merah untuk mengobati goresan tangan. " oh my God, my hand, aww " teriak Rebecca tapi sambil tersenyum dan tertawa lebar, karena walaupun sakit namun mereka juga merasa senang.
Setelah selesai mendirikan tenda , mereka bermain catur secar bergantian dengan beberapa peserta didik.

Saat hari terakhir di sekolah, mereka bersama peserta didik kelas IX, melakukan bedah pecit (tikus putih) di laboratorium IPA, Rebecca sedikit takut melihat tikus putih dibedah, " Nooo im afraid!" teriak Rebecca. Sehingga sepanjang kegiatan di laboratorium Rebecca hanya mengamati dari jauh kegiatan bedah tikus putih, sedangkan Rubby dapat mencoba melakukan pembedahan bersama peserta didik.

Ketika tiba waktunya mereka harus berpisah, sekolah melakukan kegiatan farewell untuk bergembira bersama sebelum mereka kembali ke Taiwan. Pembukaan kegiatan Kepala sekolah memberikan prakata, dilanjutkan dengan suguhan lagu yang dibawakan oleh salah satu peserta didik dengan judul " Insieme in Diversity" sebuah lagu kebersamaan gubahan sekolah Ursulin dari St. Ursula BSD. Selanjutnya ada beberapa perwakilan dari kelas VII - IX untuk menyampaikan ucapan terimakasih dan pendapatnya selama perwakilan sekolah Wenzo berada di Sanmaru, tidak lama setelah itu sekelompok peserta didik menampilkan tarian nusantara sengan judul " Wonderland Indonesia" yang menggambarkan tentang keberagaman budaya Indonesia dan ditutup dengan penyampaian ucapan terima kasih dari sekolah kepada perwakilan mahasiswi Wenzo.

Didalam perjumpaan pasti ada perpisahan, namun selama selama menjalani kebersamaan kita dapat berbagi kebahagiaan untuk memberikan berkat bagi orang orang di sekeliling kita. (FND)