News &
Updates

News Image

Share

KEGIATAN PANEN KEBUN KELAS BERSAMA: KANGKUNG DAN BAYAM MERAH
5 April 2024

SIDOARJO, Kampus Ursulin – SANMARU (02/04/2024)

 

Pada Selasa, 02/04/2024. Para peserta didik kelas 8 yaitu 8A, 8B, dan 8C memanen hasil kebun mereka yang sudah mereka tanam sejak bulan November lalu. Kegiatan ini dilakukan di kebun Kampus Santa Maria 2 Sidoarjo, pada waktu pembelajaran Ecopreneur kelas masing-masing dan berlangsung selama 40 menit. Fandy Rachmawan, atau yang biasa dikenal sebagai Pak Fandy selaku guru Ecopreneur mendampingi kegiatan ini.

 

Dalam setiap pembelajaran yang dilakukan oleh Pak Fandy, para siswa diminta untuk selalu mengecek kebun kelasnya. “Anak- anak, mari kita mengecek kebun kelas kita!” Ujar Pak Fandy setiap jam pembelajarannya. Tak lepas dari itu Pak Fandy juga mengadakan pengumpulan botol bekas yang dikemudian hari dapat daur ulang.

 

Salah satu contoh dari kelas 8A, hasil panen peserta didik sangatlah melimpah, terutama tanaman kangkung. Kangkung yang dipanen dalam jumlah yang cukup besar itu pun dapat dimanfaatkan. “Kangkung ini bisa dibawa pulang dan dimasak untuk satu kelas” kata Pak Fandy.

 

Secara keseluruhan, kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan, dan juga memiliki banyak manfaat untuk peserta didik. Para peserta didik dapat belajar untuk bekerja sama dalam menanam dan memanen sayuran, mereka juga dapat diajarkan untuk bertanggung jawab bersama atas kebun kelas mereka, dan ketika hal itu sudah terlaksana dengan baik. Para peserta didik juga dapat menikmati hasil kerja keras mereka bersama-sama.

 

(CGA & GBA 8A)