News &
Updates

News Image

Share

Kiprah Tim Padus Sanmaru dalam HUT RI ke 78 di Tingkat Provinsi
20 Agustus 2023

Kiprah Tim Padus Sanmaru dalam HUT RI ke 78 di Tingkat Provinsi

Menjadi suatu kebanggaan bagi kami sebagai Pendidik di SMP SANMARU dengan mendapatkan undangan bahwa 2 peserta didik kami telah ditunjuk menjadi bagian dari Paduan Suara dalam Tim Padus provinsi Jawa Timur pada upacara peringatan HUT RI yang ke 78 hari kamis (17/08/23) di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jl. Gubernur Surya no. 7, Surabaya pada pukul 10.00 - 12.00wib untuk penaikan bendera dan pukul 16.00 - 18.00wib untuk penurunan bendera.
Sean angelyindo (peserta didik kelas 7) dan Brigita maura (peserta didik kelas 8) adalah peserta didik yang mendapatkan tugas dalam kegiatan pemerintahan tingkat provinsi.
Kegiatan upacara di hadiri kurang lebih 800 orang dengan 200 peserta tim padus dan 50 petugas upacara dan selebihnya adalah peserta upacara.


Berbagai persiapan mereka lakukan, yang jelas adalah latihan menyanyi lagu Kemerdekaan, Indonesia Raya, Mengheningkan Cipta setiap hari selama empat (4) yaitu kamis, jumat, Senin dan di hari selasa untuk gladi bersih sebelum hari pelaksanaan.
Kondisi tubuh yang prima sangat diperlukan karena harus berlatih dengan tekun dan semangat untuk mendapatkan suara lagu yang diharapkan oleh tim panitia acara, karena itu mereka berdua setiap hari mengkonsumsi multivitamin C untuk daya tahan tubuh.

Selain latihan vokal suara harus dengan kualitas prima mereka juga dipersiapkan dengan busana yang sudah dirancang khusus untuk peringatan kemerdekaan. 
Kostum yang dikenakan juga harus seragam dan berkesinambungan antara putri dan putra sehingga menjadi sebuah harmoni dalam sebuah tim padus. Kostum untuk peserta putri mengenakan kebaya atasan putih dan bawahan batik bernuansa merah dengan mengenakan hiasan kepala serta rambut yang di cepol, sedangkan bagi peserta putra mengenakan atasan baju koko putih, dengan kain cebor batik dan celana kain hitam serta ikat kepala dengan batik merah seirama dengan kain batik merah.
"Acara itu,  sebuah event luar biasa yang sampai saat ini pernah saya ikuti dan merupakan kebanggan bagi saya bisa memberikan yang terbaik bagi Indonesia  khususnya Jawa Timur berkontribusi dalam peringatan upacara 17 Agustus 2023 kemerdekaan ke 78" ucap brigita

Untuk persiapan sebelum acara di hari pelaksanaan peserta harus hadir di tempat acara  adalah 3 jam sebelumnya yaitu pukul 06.00wib sudah harus tiba dan melakukan cek sound dan kostum. "Dari persiapan yang dilakukan berbuah hasil yang mengagumkan dan membuat bangga sebagai wali kelas" ucap pak Rikardus Pancir, S.Si.

Setelah selesai penaikan bendera merah putih pada pukul 12.00wib, peserta di minta istirahat, kemudian dilanjut kembali pukul 15.00wib untuk kembali bertugas di lapangan guna mengikuti persiapan sebelum penurunan bendera merah putih yang akan dilaksanakan pukul 16.00wib.
Kegiatan penurunan bendera dilaksanakan selama 2 jam dengan perkiraan waktu selesai pukul 18.00wib dan dilanjutkan dengan panggung penampilan berbagai kesenian fan atraksi dari beberapa daerah.

Perasaan Brigita mauren "sangat bahagia dan bangga bisa mewakili SMP Santa Maria II Sidoarjo dalam berkontribusi pada perayaan hari besar kemerdekaan " ucap Brigita 
(FND)