News &
Updates

News Image

Share

LEMPARAN CEMERLANG
18 September 2024

SIDOARJO, Kampus Ursulin - SANMARU.
“Success is no accident, it is hard work, perseverance, learning, sacrifice and most of all, love of what you’re doing or learning to do.” - Pele.
Bertempat di taman dekat lapangan kampus Santa Maria Sidoarjo.

Senin, (09/09/2024), telah dilaksanakan kegiatan pembelajaran lempar lembing di kelas 9A yang dibimbing oleh Pak Fandy Rachmawan, S.Pd selaku guru PJOK SMP Santa Maria II Sidoarjo. Lempar lembing (Javelin Throw) adalah salah satu cabang olahraga atletik yang mengkombinasikan kecepatan, kekuatan, dan teknik yang mumpuni. Olahraga ini bertujuan untuk melemparkan lembing, sebuah tongkat berujung runcing, sejauh mungkin.

Pertama, peserta didik diajak untuk pergi ke taman depan dekat lapangan kampus. Dilanjutkan dengan penjelasan mengenai teknik grip, dan cara melemparkan lembing dengan benar

“Anak-anak kali ini kita akan belajar bagaimana untuk melempar lembing. Kita akan menggunakan 3 teknik, yaitu American grip, Finland grip, dan tang grip. 
Anak-anak dipersilahkan untuk bebas memilih teknik apa yang paling nyaman kalian gunakan.” Ujar pak Fandy.

Setelah diberi contoh oleh guru, peserta didik akan mempraktikkan lempar lembing. Mereka melakukannya dengan bergantian dan menggunakan tongkat pramuka terlebih dahulu sebelum menggunakan alat aslinya. Mereka juga segera bersiap untuk diberi aba-aba oleh pak Fandy untuk melempar lembing. Sambil memberi aba-aba, peserta didik juga dikoreksi jika ada gaya dalam tahapan melempar yang kurang tepat.

“Siap! Jika saya mengatakan 1, kalian akan melakukan tahapan melempar 1, dan tahapan selanjutnya dapat disesuaikan dengan nomor yang saya katakan.” Ujar pak Fandy.

Setelah seluruh peserta didik mencoba mempraktikkan melempar dengan menggunakan tongkat pramuka, mereka lanjut untuk memakai lembing asli. Semua anak dapat menggunakan dengan lembing yang asli lebih baik dibandingkan menggunakan tongkat pramuka. Peserta didik dapat melakukan praktik ini dengan penuh semangat dan kompetitif dalam melemparkan lembing.

Dari pembelajaran tersebut, peserta didik diharapkan agar dapat mengetahui cara melakukan lempar lembing dengan baik dan teknik yang benar. Praktik ini juga melatih kedisiplinan agar dapat mematuhi peraturan dalam melakukan olahraga dan menjaga keamanan semua orang.

(AGL - 9A)