News &
Updates

News Image

Share

Loncat Atau Lompat?
15 November 2023

 

Sidoarjo, Kampus Ursuline - SANMARU
(03/11/2023) di halaman belakang SD Santa Maria II Sidoarjo, terlihat peserta didik kelas 8B sedang mengikuti pelajaran PJOK dimana mereka sedang belajar cara melopat jauh.

"Apakah ada yang mengetahui perbedaan meloncat dan melompat?

Orang terkadang merasa  bingung antara istilah dua gerakan tersebut, tetapi sebenarnya ada perbedaan.

Gerakan dasar dari kedua gerakan tersebut sama, mengangkat tubuh dengan kaki dan naik dengan tekanan tubuh. Tetapi terdapat perbedaan pada arah dan landingnya. Melompat itu bergerak dari satu titik ke titik yang lain, landing dengan satu kaki saja. Tetapi loncat merupakan bergerak di satu titik yang sama atau ditempat dan landing dengan dua kaki" ujar Fandy Rachmawan yang lebih dikenal dengan Pak Fandy, selaku guru PJOK.

 

Pak Fandy menyampaikan  dulu perbedaan antara dua gerakan tersebut dimana setelah mereka mengerti, mereka akan langsung melakukan praktik di halaman belakang SD.

"Kalian sekarang akan melakukan praktik lompat jauh, kalian akan lari dari pohon jambu air disebelah timur kearah barat dimana kalian akan landing di kotak pasir ini." ujar pak Fandy

 

Kemudian semua peserta didik langsung mencoba mempraktikan gerakan tersebut, serta mencoba mengerti perbedaan diantara kedua gerakan tersebut. Pak Fandy pun berharap bahwa mereka dapat mengerti  adanya perbedaan dari kedua gerakan tersebut, Juga berharap peserta didik dapat menyampaikan informasi yang mereka dapatkan ini kepada orang lain yang masih belum mengetahuinya.

(PGCD & QTW - 8B)