News &
Updates

News Image

Share

MARI MEMPERBAIKI PEREKONOMIAN INDONESIA DENGAN MENCEGAH INFLASI
11 Januari 2024

Sidoarjo, Kampus ursulin-SANMARU, 

bertempat di ruang kelas 7A SMP SANTA MARIA II SIDOARJO (10/1/2023)

 

Setelah pastoral dengan wali kelas, peserta didik kelas 7a melakukan literasi finansial pada pukul 07.30-08.10 bersama Bu Happy. Di literasi kali ini, membahas tentang dimana inflasi perdagangan baik barang maupun bahan pokok pada tahun 2023 lebih stabil dan harganya turun jauh dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

 

"Inflasi dapat terjadi di waktu-waktu tertentu seperti tahun baru, imlek, lebaran, dan hari-hari besar lainnya, bahkan hari biasa pun dapat terjadj. Mengapa inflasi muncul di waktu-waktu tersebut??

karna pada hari-hari tersebut konsumen dapat membeli lebih banyak daripada biasanya serta lebih ramai, maka dari itu para pedagang akan menaikan harga suatu barang", ujar Happy Kukilowati atau biasa akrab disapa Bu Happy.

 

Setelah Bu Happy menjelaskan dan menerangkan apa itu inflasi, peserta didik kelas 7a pun diminta untuk membaca berita digital, menulis apa saja yang sudah didapat dari bacaan di buku literasi, serta membuat karya digital dari hasil rangkuman yang sudah didapat.

 

"Pesan yang terkandung di dalam literasi hari ini yaitu selalu berjaga-jaga ketika terjadi inflasi mendadak, karna tidak selalu inflasi terjadi karna waktu tertentu" ungkap Bu Happy.

 

Dari literasi ini, kita dapat belajar bahwa pentingnya menabung sejak dini, dan sebisa mungkin untuk tidak bergaya hidup boros untuk memperbaiki perekonomian di Indonesia agar menjadi lebih baik lagi!

 

(CAP & APH - 7A)