News &
Updates

News Image

Share

Materi Pioneering Pramuka
8 Mei 2024

Pada 21 Maret 2024 peserta didik SMP Santa Maria II Sidoarjo melaksanakan kegiatan Pioneering sebagai materi kepramukaan. Hal tersebut dilakukan pada pagi hari setelah peserta didik melakukan apel pagi Pramuka. Materi ini ditujukan bagi seluruh peserta didik, mulai dari kelas 7, 8, dan 9.

Para peserta didik telah mendapatkan materi tali menali serta pioneering pada kegiatan pramuka di pertemuan sebelumnya. Itulah mengapa pada 21 Maret, peserta didik dapat langsung mulai membuat pioneering dengan regunya masing-masing setelah mendapatkan beberapa arahan dari Yohanes De Brito Sawa.

“Silahkan mencoba dan atur waktu sebaik mungkin meskipun jika belum selesai dapat dilanjutkan di pertemuan selanjutnya” Kalimat tersebut dikatakan oleh Yohanes De Brito Sawa yang akrab dipanggil Pak Deri di SMP Santa Maria 2.

Setiap regu telah mempersiapkan ide untuk membuat pioneering sesuai kreativitasnya. Pada saat itu terdapat regu Sakura yang membuat pioneering berbentuk bintang. Sungguh kreatif ya!

Materi tersebut diharapkan bisa bertujuan memberi manfaat bagi peserta didik. Dengan materi tersebut peserta didik dapat mempelajari cara untuk saling bekerjasama, dapat mengatur waktu, dan melatih kreativitas.

AGL&AH-8B
SINAU LAN DOLANAN BARENG, HARI AIR SEDUNIA DI SMP
SIDOARJO, Kampus Ursulin-SANMARU

(05/04/2024)
Kegiatan Sinau lan dolanan bareng yang diadakan pada 16/03/2024 pukul 08.00 sampai dengan pukul 10.00. Acara yang akan dilakukan yaitu Trial Class, Fun and science activities. Acara dimulai dengan sambutan oleh Ibu Theresia Indryastuti Yumiartanti S.Sos. Penampilan pertama dari band yang ada di SMP Santa Maria II Sidoarjo.
"Disini juga terdapat pameran-pameran hasil kerja peserta didik di SMP Santa Maria II Sidoarjo" Ucap Fransisca Neni Dilliati atau yang akrab dipanggil Bu Sisca selaku pendamping kegiatan sinau lan dolanan bareng.

Selain itu, banyak kegiatan yang akan dilakukan yaitu ada experiment massa jenis zat air, eksperimen hidrologi, dan juga eksperimen roket air. Ada beberapa penampilan lain dari peserta didik SMP Santa Maria II Sidoarjo, yaitu menampilkan bakat dan talenta bernyanyi mereka. Kegiatan berlangsung dengan meriah dan bahagia.

Semua peserta yang hadir mendapatkan manfaat dari kegiatan Sinau lan Dolanan bareng salah satunya mereka dapat mendapat pengetahuan yang lebih luas 
Harapan untuk acara Sinau lan dolanan kedepannya adalah acara lebih asik lagi dan memperbanyak pembelajaran yang bisa dibagikan
Keseruan Eksperimen Massa Jenis

SIDOARJO, Kampus Ursulin-SANMARU, bertempat di ruang OSIS SMP Santa Maria II Sidoarjo,(05/04/2024).

Jadwal khusus telah ditentukan, para peserta didik tidak melaksanakan pembelajaran. Namun, para peserta didik melakukan 3 eksperimen, salah satunya adalah eksperimen massa jenis.

Pengisi acara eksperimen adalah Alexander Adi Wibowo atau akrab dipanggil Alex, dan Christalyn Cineshia Fonzie atau akrab dipanggil Alyn. Di dalam eksperimen para pengisi acara menggunakan minyak, air, dan pewarna makanan.

Cara kerja eksperimen ini adalah dengan mencampur air dan minyak terlebih dahulu. Setelah mencampur air dan minyak, maka minyak akan naik keatas permukaan air. Setelah naik ke permukaan air, tuang beberapa tetes pewarna makanan ke campuran minyak dan air. Maka pewarna akan seperti titik-titik air.

“Massa Jenis adalah pengukuran massa setiap satuan volume benda.” ucap Alyn selaku pembawa acara. Dan pada akhir acara, “Terima kasih sudah mendengarkan dan tertib ya teman-teman sekian yang bisa kami sampaikan.” ucap Alex selaku pembawa acara dengan ekspresi senang karena semua berjalan dengan lancar.

Dengan adanya eksperimen ini harapannya agar para peserta didik dapat lebih lagi memahami konsep massa jenis dan bukan hanya mengerti tentang teorinya saja.

(PDAL & SJIA - 8C)
3- MERAYAKAN PASKAH DI SMP SANMAR -17

~ SIDOARJO, kampus Ursulin-SANMARU ~

Bertempat di aula, (05/04/2024), seluruh peserta didik dan guru yang ada di SMP Santa Maria II Sidoarjo merayakan paskah pada pukul 06.50 - 08.50. Dipimpin oleh peserta didik dari kelas VII A, seluruh peserta didik dan guru yang ada di unit SMP mengikuti ibadat Jumat pertama dan ibadat paskah.

Di awali dengan lagu pembuka, lalu menonton dokumenter kisah sengsara Tuhan Yesus. Setelah itu, dilanjut dengan homili yang dipimpin oleh Gregorius Firman Dariyanto Siagian yang akrab disebut sebagai pak Rio “Tuhan telah wafat untuk keselamatan kita semua, dan sebaiknya kita bersyukur kepada-Nya”. Ucap pak Rio. Setelah homili, dilanjutkan dengan doa umat dan lagu penutup.

Setelah melaksanakan ibadat, Rikardus Pancir yang akrab dipanggil pak Riki dan Paulus Yubili Anggera Puspa yang akrab dipanggil pak Billy yang berperan sebagai MC dalam quiz tentang kisah sengsara Yesus dan kisah kebagkitan Yesus. Di dalam quiz ini telah disiapkan berbagai hadiah bagi yang dapat menjawabnya “Dimana Tuhan Yesus di Salibkan?” Tanya pak Billy. “Di Bukit Golgota yang berarti Bukit Kematian” ucap Yosephine Ailine Susanto yang akrab di panggil Phin-Phin.

Dengan ibadat dan acara Paskah ini, para peserta didik dapat mengetahui apa makna dari Paskah, bagaimana kisah sengsara Tuhan Yesus, dan kisah kebangkitan-Nya demi keselamatan kita.

(AGL&IAWY)