News &
Updates

News Image

Share

MENGENAL LISTRIK STATIS LEBIH DALAM
15 Januari 2024

Sidoarjo, Kampus Ursulin - SANMARU. 

"Enthusiasm is the electricity of life" -Gordon Parks
bertempat di ruang kelas 9A SMP Santa Maria II Sidoarjo, (10/01/2024).

Peserta didik kelas 9 akan memasuki pembelajaran Fisika IPA pada pukul 11.20 hingga 12.55 WIB. Pembelajaran IPA ditingkat kelas 9 akan membahas mengenai listrik statis. Listrik sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari manusia. Tetapi, listrik terbagi menjadi 2 jenis yaitu listrik statis dan listrik dinamis. Pada kali ini kita akan membahas listrik statis lebih dalam.

"Listrik statis dapat dicontohkan dengan menggosokkan penggaris plastik ke rambut. Kemudian secara tidak sadar, saat tangan kita berdekatan dengan gagang pintu maka akan menghasilkan listrik statis. Kok bisa ya? Nah, coba kita lihat dipapan bagaimana caranya" Ungkap Anastasia Sri Wulan yang dikenal sebagai Bu Wulan.

Dalam pembelajaran IPA kali ini, tidak seperti biasanya. Tetapi kita mencoba untuk memperhatikan melalui website yang diberikan oleh Bu Wulan. Melalui website tersebut, membuat peserta didik semakin memahami konsep dari listrik statis dan tidak akan bosan untuk belajar.

"Kalau kalian perhatikan, dibawah kakinya ada keset. Kemudian saat jari  tersebut berdekatan dengan gagang pintu, maka jari itu akan menyalurkan listrik ke gagang pintu. Itu dikarenakan elektron yang dihasilkan dengan karpet dan karpet tersebut bergesekan dengan alas kaki kita. Nah elektron dari karpet akan berpindah ke tubuh kemudian akan berpindah lagi menuju gagang pintu."
Ungkap Bu Wulan selaku guru IPA SMP Santa Maria II Sidoarjo.

Dari pembelajaran IPA ini, diharapkan agar para peserta didik dapat mengetahui listrik statis lebih dalam beserta manfaat dari listrik statis untuk kehidupan sehari-hari.

MAS - 9A