News &
Updates

News Image

Share

MENJADI PENULIS CERPEN YANG HANDAL
9 November 2023

 

Sidoarjo, Kampus Ursulin - Sanmaru. 
Waktu sudah menunjukkan pukul 08.10 WIB, waktunya melanjutkan ke pembelajaran berikutnya yaitu Bahasa Indonesia tentang cerita pendek atau cerpen. Kali ini pembelajaran Bahasa Indonesia sedikit berbeda karena dilakukan dokumentasi oleh bapak Martinus Marsudi, S.Pd selaku guru Bahasa Indonesia yang biasa di sapa pak Marsudi. Selama pembelajaran, proses belajar mengajar selalu direkam dan didokumentasikan.

Bertempat di ruang kelas 9B SMP SANTA MARIA II SIDOARJO, (17/10/23), seluruh siswa kelas 9B diurutkan secara kelompok melalui tempat duduk supaya memudahkan ketika berdiskusi. Setiap kelompok mempunyai tema masing-masing dalam membuat cerpen tentunya hal itu sangat meningkatkan kreativitas para peserta didik.

"Hari ini kita melanjutkan menulis cerpen, saya harap prosesnya terus berjalan dan segera dapat segera diselesaikan dan dikirimkan di tempat yang sudah disediakan." ucap pak Marsudi.

Tidak lupa tetap membahas ulang tentang materi cerpen supaya tetap diingat saat berproses dalam pembuatan cerpen. 
Nantinya beberapa cerpen yang sudah dibuat dari masing-masing peserta didik dalam satu kelompok akan dijadikan buku ANTOLOGI yang nantinya akan dijadikan portofolio kelas 9.

"Dalam pembuatan buku Antologi, segera dibagi tugasnya. Ada yang membuat sampul, ada yang mengedit dan ada yang membuat kata pengantar." Ucap Pak Marsudi.

Dengan membuat buku Antologi dari kumpulan cerpen ini membuat peserta didik paham bagaimana cara membuat cerpen, buku antologi, serta isi dari buku antologi seperti kata pengantar dan sampul atau cover.

(SPJ - 9B)