News &
Updates

News Image

Share

NAGA INVESTOR SANMARU
8 Maret 2023

     Pada hari Senin, 20 Februari 2023 telah diadakan kegiatan bernama Naga Investor . Kegiatan ini merupakan proyek gabungan dari mata pelajaran IPA, IPS, dan Seni Rupa. Mungkin nama 'Naga Investor' masih asing di telinga kebanyakan orang, jadi akan ku jelaskan dulu pengertian singkatnya.

     Naga Investor biasanya disebut dengan pasar produk. Ini adalah kegiatan dimana para pemilik perusahaan mempresentasikan produknya dan meminta sejumlah nominal kepada naga investor. 

Nah sekarang sudah ada sedikit gambaran kan?

Proses presentasi Naga Investor

     Jadi pada hari Senin, kelas ku melaksanakan proyek ini. Tiap kelompok melakukan presentasi atas produk yang sudah dibuat dan menjelaskan seputar perusahaan yang telah didirikan kepada para naga investor. Tentunya sebelum presentasi ini ada proses latihan yang cukup panjang.

     Beberapa minggu sebelum pelaksanaan aku dan kelompokku menentukan produk apa yang akan kita buat. setelah mencari ide dari berbagai sumber, kami memutuskan untuk membuat roti dengan topping abon. Kenapa roti? karena roti merupakan salah satu makanan yang juga banyak peminatnya.

     Selanjutnya kami menentukan apa nama produk yang sekiranya dapat menarik perhatian. Kami sepakat untuk memberi nama 'Rotbon'. Aku dan kelompokku pun mulai membuat ppt seputar perusahaan Rotbon. Kemudian tak lupa juga untuk membuat logo dan mendesign packaging.

     Setelah semua perencanaan selesai, kami berkumpul di rumah salah satu anggota untuk mencoba resepnya. Tentu kami mengalami kendala. Pada percobaan pertama sampai ketiga kami mengalami ketidakcocokan dengan hasil rotinya. Hingga akhirnya sehari sebelum presentasi kami membuat Rotbon menggunakan resep yang baru dan berhasil. Produk yang sudah jadi pun kemudian dikemas.

Proses presentasi Naga Investor

     Pada saat hari-H semua kelompok dipersilahkan untuk mempresentasikan produk. Saat kelompokku maju, aku sedikit nervous, apalagi saat menyajikan produk kepada naga investor, tapi untungnya presentasi berjalan dengan lancar. Saat investor bertanya pun kita bisa menjawab dengan lancar, namun sayangnya naga investor tidak ingin menginvestasikan uangnya pada perusahaan kami karena mereka kurang yakin bahwa ini akan sesuai dengan selera masyarakat.

     Waktu ditolak aku sebenarnya sedikit merasa sedih dan kecewa. Aku sedikit menyesal telah menggunakan resep yang baru, namun di sisi lain aku juga sangat senang karena proyek Naga Investor ini bisa mengajarkan ku menjadi pribadi yang lebih teliti dan kreatif. Dengan Naga Investor  ini aku juga belajar mengatur tutur kata agar orang tertarik untuk mendengarkan.

 

Karya: Jessica Setiabudi (Kelas 9C)