News &
Updates

News Image

Share

PENERAPAN FUN EKPERIMEN dengan penerapan Hukum Archimedes
30 Oktober 2023

Sidoarjo, Kampus Ursulin - SANMARU, bertempat di lapangan SMP, (24/10/23). Setelah kami mengikuti pengarahan eksperimen di aula, kami menuju ke lapangan SMP untuk melaksanakan ekperimen. Di dalam ekperimen ini, kami akan belajar tentang Science hukum Archimedes dari  telur yang akan mengambang karna terdapat kadar garam. Kami dibentuk dalam beberapa tim yang beranggota 5 anak untuk melakukan ekperimen, agar kerja sama tetap terjalin dengan baik.

"Kita memiliki 3 gelas yang akan diisi air dengan ukuran yang sama dan garam dengan kadar yang berbeda-beda tiap gelas lalu diadukan dengan merata, serta telur dimasukkan satu persatu ke dalam gelas tersebut" ungkap Aryasatya Matthew Yudistira sebagai pemandu dari kelas 7b yang biasa di sapa Arya.

Kegiatan ini dilakukan untuk mengenalkan tentang pentingnya mengetahui Science kepada anak-anak dan menumbuhkan minat serta semangat belajar melalui ekperimen sederhana yang dilakukan.

"Setelah kita sudah mengikuti tahap-tahap berikut, kita akan melihat 3 telur yang tenggelam, berada di tengah gelas, dan ada yang mengapung di permukaan air" ujar Arya.

Kedepannya Arya berharap agar peserta didik kelas 7 dapat memahami praktik ini dengan lebih baik tentang hukum archimedes.

Nah, itu tadi eksperimen sederhana yang bisa teman-teman coba di sekolah, maupun di rumah karna bahan- bahan nya mudah didapatkan.

(CAP & APH 7A)