News &
Updates

News Image

Share

Penyuluhan Pertolongan Pertama pada Luka
18 Januari 2024

Sidoarjo, Kampus Ursulin - Sanmaru, bertempat di lapangan kampus, (17/01/2024), seluruh peserta didik kelas 9A. Jadwal pelajaran kelas 9A pada hari Rabu salah satunya adalah PJOK. Materi kali ini adalah P3K atau pertolongan pertama. Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok untuk menjelaskan penanganan luka.

 

"Contoh luka pertama adalah patah tulang, patah tulang memiliki beberapa penyebab contohnya kurang asupan nutrisi, terutama kalsium dan vitamin D. Memiliki gaya hidup yang kurang aktif bergerak. Penanganan patah tulang contohnya adalah dengan menenangkan korban, merekatkan area patah tulang dengan kayu, penggaris, atau tongkat sebagai penopang, lalu ikat kain dan rekatkan se kuat nya agar kayu dapat menyangga kaki korban" Ujar Vaylin Algiva Logos, yang akrab di sapa Vaylin, peserta didik kelas 9A.

 

Kelompok yang berprestasi mendemonstrasikan dan menjelaskan cara pertolongan pertama yang bisa dilakukan saat menangani kecelakaan yang membutuhkan tindakan pertama yang cepat dan tepat.

 

"Sedikit menambahkan patah tulang memiliki beberapa macam, yang tadi dibacakan adalah patah tulang tertutup, jika patah tulang terbuka cara penangannya adalah dengan mnghentikan pendarahan dengan mengangkat dan berikan tekanan pada luka menggunakan perban steril, kain bersih, lalu kompres es" Ungkap Fandy Rachmawan, yang akrab disapa pak Fandy. 

 

Pertolongan pertama adalah upaya pertolongan dan perawatan sementara terhadap korban kecelakaan sebelum mendapat pertolongan yang lebih sempurna dari dokter. Pertolongan pertama pada kecelakaan sifatnya sementara yang memiliki arti, kita harus tetap membawa korban ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk pertolongan lebih lanjut dan memastikan korban mendapatkan pertolongan yang dibutuhkan. Tetapi dasar dari pertolongan pertama haruslah kita ketahui untuk berjaga-jaga, maka dari itu materi ini diajarkan agar kita lebih berhati-hati.

 

VAL- 9A