News &
Updates

News Image

Share

REFLEKSI SIANG TENTANG KESEHATAN DIRI
7 Maret 2024

 

Sidoarjo, Kampus Ursulin - SANMARU,

bertempat di depan ruang serbaguna dan multimedia, (6/3/2024). Setelah pelajaran terakhir telah selesai, peserta didik kelas 7 diminta untuk berefleksi di area lantai 1.

 

"Mari anak- anak, turun dan menuju ke bawah di depan multimedia dan ruang serba guna dengan berbaris rapi, setelah sekiranya sudah rapi silahkan membuat refleksi." ujar Fransisca Neni Diliati yang akrab disapa Bu Sisca.

 

Sekarang-sekarang ini, hujan sedang mengguyur beberapa wilayah contohnya, Sidoarjo. Musim hujan ini disebut sebagai musim penyakit. Hal ini terjadi karena saat hujan, tubuh akan rentan terjangkit penyakit.

 

"Bu Sisca minta tolong membuat refleksi bertemakan tentang kesehatan diri sekarang ini  yang tidak aman, dikarenakan udara yang sangat kotor dan hujan lebat." ungkap Bu sisca

 

Pada musim hujan, imun tubuh dapat melemah karena mikroba dan virus. Biasanya mikroba dan virus lebih mudah berkembang di musim hujan. Sehingga menyebabkan para peserta didik mudah terjangkit penyakit

 

Penyakit yang mulai bermunculan akhir akhir ini adalah flu, demam, dan berbagai macam penyakit lainnya yang berhubungan dengan tenggorokan, pernafasan dan lambung. Sehingga menyebabkan peserta didik harus ijin dari sekolah untuk merawat diri mereka yang sedang terkena penyakit di rumah masing masing. Tentu saja, hal ini dapat mengganggu mereka dalam proses pembelajaran.

 

Untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyakit, sekolah mengadakan kesepakatan kepada seluruh warga sekolah untuk memakai masker. Kita juga dapat menjaga kesehatan diri sendiri dengan cara, Rutin mencuci tangan menggunakan sabun untuk meminimalisir infeksi virus dan bakteri dan Mengkonsumsi berbagai makanan yang bergizi dan sehat melalui tangan dan mulut kita untuk memperkuat imun tubuh

 

Di akhir refleksi Bu Sisca berharap seluruh peserta didik dapat menjaga imun tubuh nya dari cara yang sederhana. Dengan adanya bantuan refleksi siang, kita dapat mengingat kembali seluruh kejadian dari pagi hingga siang hari ini dan dapat memberikan solusi dari tiap permasalahan yang ditemukan dalam satu hari ini.

(CAP & APH - 7A)