News &
Updates

News Image

Share

RIANGNYA MENJELAJAH ALAM DI KEGIATAN PERJUSA
30 Oktober 2023

 

Sidoarjo, Kampus Ursulin - SANMARU, "Tinggi moral kuat mental. Manusia pantang menyerah. Tegar jiwanya berpegang teguh pada satya dan dharmanya." (20/10/2023) bertepat di lapangan SMP Santa Maria II Sidoarjo, para peserta didik kelas 8 diberikan penjelasan terlebih dahulu mengenai arah yang akan dituju oleh mereka nanti. Agar tidak ada yang tersesat, setiap regu tentunya diberikan peta untuk memandu jalan mereka.  Setiap ketua regu dikumpulkan menjadi satu di depan ruang Bimbingan Konseling agar mereka mendapatkan peta tersebut. Setelah mendapatkan peta, para anggota regu berbaris depan belakang dengan rapi mengikuti arah peta tersebut. Dipertengahan jalan tentunya ada tantangan yang tidak kalah serunya, di setiap jalan yang dilalui terdapat sandi-sandi yang harus dipecahkan, baik itu sandi morse, angka, dan kotak.

"Berikut saya berikan peta untuk setiap regu untuk mengetahui jalur yang akan dilalui. Di tiap pos ada kakak pembina  yang akan memberikan petunjuk untuk menyelesaikan sandi sandi yang perlu di cari artinya dalam perjalanan" Ujar salah satu kakak pembina menjelaskan pada ketua regu agar saat kegiatan jelajah alam tidak kebingungan.

Para peserta didik kelas 8 tentunya sangat senang, karena ini adalah pengalaman yang baru bagi mereka untuk melakukan jelajah alam. Dengan rintangan yang menyenangkan pun, menambah tantangan tersendiri bagi setiap regu untuk menyelesaikan jelajah alam kali ini. Banyak sekali rintangan-rintangan yang dihadapi oleh para murid, baik itu jalan yang rawan, jembatan, dll. Namun, dengan semangat yang kuat, membuat mereka dapat menghadapi rintangan-rintangan tersebut.

"Hati-hati ya, nanti diperjalanan ada jembatan yang curam. Kalian harus memakai tongkat pramuka kalian agar tidak ada yang terjatuh" Ujar Paulus Yubili Anggera Puspa atau yang biasa dipanggil Pak Bily sebagai salah satu kakak pembina.

Dari kegiatan kali ini, sekolah berharap agar dapat melatih kerja sama dengan tim. Dengan rintangan-rintangan yang ada, pasti dapat dilewati dengan kerja sama. Tanpa kerja sama pasti tidak akan ada hasil yang baik dalam melakukan segala hal. Maka dari itu, kerja sama harus diutamakan dalam sebuah kelompok.

(CCF & DMJG - 8C)