News &
Updates

News Image

Share

Seberapa Penting Jurnalistik bagi Jaman Sekarang?
3 September 2023

Menjadi Jurnalis adalah suatu kebanggaan bagi kalian. Tidak hanya menulis dalam jurnalistik, tetapi harus diperbanyak dalam berliterasi “kata Prasetyo selaku pelatih Jurnalistik

Sidoarjo, SMP Santa Maria II Sidoarjo – SanMaru, bertempat di ruang aula SMP Santa Maria II Sidoarjo, (02/09/2023) pada pukul 08.00 hingga 12.00 WIB. SMP Santa Maria II kedatangan salah satu guru dari SMA Santa Maria Surabaya. Beliau merupakan jurnalis yang mendapatkan rekor muri dan menjadi guru Bahasa Indonesia di SMA Santa Maria Surabaya. Beliau datang di sekolah ini untuk melatih peserta didik SMP Santa Maria II untuk menjadi terampil dalam bidang jurnalistik beserta photografi.


“Saya diundang dalam pelatihan ini bukan berarti saya sombong karena dapat bertemu dengan tokoh-tokoh terkenal bahkan tokoh yang dikenal oleh 1 negara. Tetapi kehadiran saya disini untuk memotivasi kalian menjadi jurnalis yang hebat hingga menuju tingkat Nasional. Beruntunglah bagi kalian dapat mengikuti pelatihan hari ini” ungkap pelatih Jurnalistik, F.X. Rudy Prasetyo yang dikenal sebagai Prasetyo.


Pelatihan Jurnalistik yang diadakan oleh SMP Santa Maria II Sidoarjo pada tanggal 02 Semptember 2023. Kegiatan ini ditujukan untuk 20 orang peserta didik SMP Santa Maria II Sidoarjo, yang diikuti oleh kelas 7 hingga kelas 9.
“Saya disini mengajak peserta didik SMP Santa Maria II Sidoarjo untuk dapat terampil dalam bidang jurnalistik. Karena, untuk menjadi sang jurnalis tidak hanya menulis, tetapi harus perbanyak dalam bidang literasi juga” kata Prasetyo selaku guru Bahasa Indonesia SMA Santa Maria Surabaya.


Pelatihan ini dilaksanakan dengan lancar, dari awal hingga akhir.  Prasetyo juga berharap agar semakin banyak generasi muda untuk aktif dan terampil dalam jurnalistik. Oleh karena itu, generasi penerus bangsa pada saat ini, diharuskan untuk memperbanyak budaya literasi beserta menulis agar Indonesia semakin maju.

Penulis : Maria Alexandra Stefanny T. / 9A