News &
Updates

News Image

Share

Sebuah Kreativitas yang Dituangkan Kalam Suatu Karya
3 November 2023

Sidoarjo, SMP Santa Maria II Sidoarjo - SANMARU, bertempat diruang kelas 9A. (31/10/2023) pada pukul 10.00 hingga 11.20 WIB, seluruh peserta didik kelas 9A diajak untuk mempresentasikan komik yang telah dibuat. Di mata pelajaran bahasa Inggris kali ini, para peserta didik mendapatkan sebuah materi, yaitu narrative text. Materi tersebut dituangkan dalam bentuk komik yang bermacam-macam. Ada yang membuat komik dari kisah kelinci dan kura kura, malin kundang, cinderella, dan masi banyak lagi.

"You can make without read, let me explain how to tell the comic that you have made. You have to tell, not explain. Use your own words, not just explanations, but use dialogue and give moral values too." Ungkap Maria Dian Nataliningsih, S.Pd selaku guru bahasa Inggris yang biasa di sapa bu Dian.

Bu Dian memperagakan cara story telling yang benar dengan mimik wajah beserta intonasi yang sesungguhnya, yaitu dengan peragaan menirukan situasi, menceritakan alur dan menggunakan dialog agar lebih menarik karena itulah definisi komik yaitu cerita bergambar.

"Nah itu adalah cara mempresentasikan komik yang benar. Hal terpenting adalah kalian harus percaya diri dalam menghadap pada penonton. Kalian harus bercerita bukan menjelaskan. Bedakan cara bercerita dan menjelaskan. Give applause to your friend" Ungkap bu Dian.

Peserta didik pun mencoba yang terbaik dan memperagakan komik yang sudah dibuat dengan penuh semangat dan percaya diri, dengan ini diharapkan kami lebih mengekspresikan cerita dalam presentasi dan mengaplikasikan moral dari cerita-cerita yang telah dibuat melalui komik tersebut.

VAL-9A