News &
Updates

News Image

Share

Sehat Jiwa dan Ragaku
17 Oktober 2024

SIDOARJO, Kampus Ursulin-Sanmaru. "Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat"

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pertama yang di selenggarakan oleh SMP Santa Maria Sidoarjo yaitu dengan tema 'Sehat jiwa dan ragaku'. P5 kali ini dilaksanakan pada tanggal 1-11 Oktober 2024 yang diikuti oleh seluruh peserta didik kelas 7-9.

Tujuan dari P5 ini yaitu peserta didik dapat menciptakan tubuh dan jiwa yang sehat bersama dengan kelompok, selain itu juga membentuk karakter mandiri peserta didik.

Alur P5 ini diawali dengan penyampaian materi analisis swot pribadi (diri), dimana mereka dapat menganalisis kekuatan, kelemahan dan solusi yang mereka berikan untuk diri sendiri. Dilanjutkan materi tentang kebugaran jasmani, makanan sehat, serta rohani yang disampaikan oleh Pak Fandy dan Pak Billy.

Peserta didik bersama dengan kelompok membuat perencanaan dari analisis swot mereka untuk menemukan solusi serta ide apa yang dapat membangun kesehatan tubuh dan jiwa, yang akan mereka presentasikan pada gelar karya.

Pada saat gelar karya masing-masing kelompok mengonsep ruangan (basecamp) mereka untuk siap dikunjungi oleh kelompok lain. Contohnya ada yang dengan konsep dora the eksplorer. Dimana peserta didik yang berkunjung dibawa ke dalam cerita kartun dora.

"Wah seru sekali saya jadi teringat film masa kecil saya" ucap salah satu peserta didik yang berunjung.