News &
Updates

News Image

Share

Serangkaian Ujian Sekolah yang Telah Kami Lewati di Sekolah kami Tercinta SMP Santa Maria II Sidoarjo
16 Mei 2023

  Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 43 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ujian yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional, Ujian yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan merupakan penilaian hasil belajar oleh Satuan Pendidikan yang bertujuan untuk menilai pencapaian standar kompetensi lulusan untuk semuamata pelajaran.

 Ujian Sekolah yang selanjutnya disingkat US adalah kegiatanpengukuran capaian kompetensi pesertadidik yang dilakukan Satuan Pendidikan. Ujian sekolah adalah momen penting bagi siswa dalam menentukan masa depan mereka. Oleh karena itu, mempersiapkan diri dengan baik dan melakukan yang terbaik adalah sangat penting.

Bentuk Ujian Sekolah yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan berupa:

  1. portofolio;
  2. penugasan;
  3. tes tertulis; dan/atau
  4. bentuk kegiatan lain yang ditetapkan Satuan Pendidikan sesuai dengan  kompetensi yang diukur berdasarkan Standar Nasional Pendidikan

      Pertama, keseruan rangkaian ujian sekolah dalam bentuk Portofolio. Di sini kami diminta untuk memilih dan mengumpulkan 3 portofolio dari masing-masing mata pelajaran yang sudah kami tempuh. Bisa berupa hasil karya tulisan, gambar, maupun video yang sudah kami hasilkan selama proses belajar mengajar. Pastinya kami memilih portofolio yang terbaik dong untuk dikumpulkan. 

proses membuat properti drama

       Kedua, keseruan rangkaian ujian sekolah dalam bentuk Penugasan dan Praktik. Pada tahap ini kami menyusun perencanaan untuk praktik drama yang akan kami lakukan. Nah, perencanaan inilah sebagai penugasan kami. Sedangkan drama adalah sebagai bentuk ujian praktik yang kami tempuh. Pada proses drama ini kami dibagi ke dalam beberapa kelompok yang beranggotakan 5-6 orang. Sebelum penilaian praktik drama ini dilakukan kami melalui proses latihan dan membuat properti untuk drama. Jadi kami menuangkan ide dan kreatifitas yang kami miliki di dalam kelompok seru juga sih proses yang kami lalui ini. 

       Setelah melalui proses latihan dan membuat properti, kami lanjut ke proses geladi bersih pertunjukan agar penampilan kami pada saat penilaian nanti semakin maksimal. 

proses geladi bersih 
proses geladi bersih
proses penilaian prakik pertunjukan
proses penilaian prakik pertunjukan

       Setelah gladi bersih, tibalah hari penilaian praktik drama itu tiba. Jeng.. jeng.. jeng.. dag.. dig.. dug.. rasa di dada kami saat itu. Praktik pertunjukan drama ini tidak hanya disaksikan oleh Bapak Ibu guru penguji saja loh melainkan juga mengundang adik-adik dari kelas 7 dan kelas 8. Sedikit gerogi juga sih disaksikan oleh adik kelas hihi, namun kami tetap mempersembahkan penampilan yang terbaik agar adik-adik kelas mendapatkan pengalaman nantinya. Suasana pada saat praktik pertunjukan drama ini sangat meriah loh.  

      Ketiga, kami melalui proses Ujian Sekolah Tulis. Ujian ini merupakan rangkaian akhir dari Ujian Sekolah yang telah kami tempuh. Pada Ujian sekolah Tulis ini, kami mengerjakan ujian dalam bentuk tes tulis dari 11 Mata Pelajaran yang ada di sekolah. Kami dibagi ke dalam 4 ruangan. Dimana masing-masing ruangan ada 20 peserta ujian. Sedangkan pada ruang 04 ada 9 peserta ujian. Pada masing-masing ruangan juga terdapat 1 pengawas ujian. Kami menjalani Ujian Sekolah ini dengan tertib dan tenang.  

Tim Jurnalistik Sanmaru

 

 

 

suasana ujian sekola tulis di ruang 04
suasana ujian sekolah tulis di ruang 02