News &
Updates

News Image

Share

SERU NYA BELAJAR LISTRIK STATIS!
27 Oktober 2023

Sidoarjo, Kampus Ursulin - SANMARU, (26/10/2023), bertempat di ruang Aula
pada jam 9.20 -10.00 peserta didik melakukan eksperimen IPA sesuai dengan pos nya masing-masing dan untuk hari ini semua peserta didik kelas 8 mengikuti kegiatan belajar tentang Listrik statis bersama Elisabeth Rachel Kriselda dan  Marco Jozef Lasarus, sebagai pemandu eksperimen, yang akrab disapa kak Rachel dan kak Marco

"kegiatan kali ini kalian akan melakukan praktik listrik statis dengan menggosokkan penggaris plastik ke rambut, lalu di dekat kan ke kertas yang sudah di letakan di tusuk gigi yang mengambang kita liat apakah setelah penggaris di gosokan ke rambut lalu di dekat kan ke kertas tersebut apakah kertas tersebut berputar? 
dicoba yaa teman-teman?" Ujar kak Rachel.

hal ini Ketika penggaris plastik digosokkan ke rambut, akan terjadi perpindahan elektron dari rambut ke penggaris, sehingga penggaris plastik menjadi bermuatan listrik.

Muatan listrik pada penggaris ini tidak akan mengalir sehingga disebut dengan listrik statis.

"nah setelah kalian mencoba mempraktikkan mengapa kertas nya bisa berputar? itu karena adanya muatan listrik, Penggaris plastik yang digosokkan pada rambut akan memiliki muatan listrik, sehingga kertas bisa tertarik untuk bisa berputar" jelas kak Marco.

Setelah kak Rachel dan kak Marco membagikan bahan untuk praktik eksperimen listrik statis ini
peserta didik langsung mempraktikkan nya dan ada pula yang berhasil dan ada pula yang gagal.
Kak Rachel dan kak Marco berharap seluruh peserta didik menjadi tau tentang percobaan sederhana dari eksperimen listrik statis ini dan bisa menambah ilmu bagi mereka setelah mengikuti kegiatan pada hari ini.

(OAP - 8A)