News &
Updates

News Image

Share

Serunya Belajar IPS di SMP Santa Maria II Sidoarjo
24 Maret 2023

Tricie.com - Ilmu Pengetahuan Sosial atau yang dikenal dengan IPS adalah salah satu mata pelajaran yang sangat penting dan berguna bagi kita semua. IPS memiliki banyak manfaat untuk kehidupan kita di masyarakat dan juga untuk menambah pengetahuan global. Tapi tak sedikit juga anak-anak yang tidak menyukai pembelajaran ini karena dianggap membosankan. Berbeda halnya dengan anak-anak di SMP Santa Maria II Sidoarjo yang sangat antusias saat memasuki pembelajaran IPS. Yuk, simak betapa serunya pembelajaran IPS di sekolah kami.

Presentasi/gelar karya hasil dari masing-masing kelompok 

Pada saat kita kelas 8 pembelajaran IPS dengan materi mengenal karakteristik negara-negara ASEAN bener bener seru banget pembelajarannya karena dalam proses pembelajaran IPS kelas 8, Bu Happy dan Bu Indri sebagai guru mata pelajaran IPS memberikan bermacam-macam metode pembelajaran agar para peserta didik tidak mudah bosan dan semakin semangat dalam mengikuti pembelajaran. Dalam kegiatan ini peserta didik diminta untuk berkelompok dan memilih 1 negara untuk digali lebih dalam karakteristiknya, setelah itu setiap kelompok akan diminta se-kreatif mungkin menuangkan pengetahuan yang sudah mereka dapat ke dalam segala bentuk untuk ditampilkan saat gelar karya. 

Tiba saatnya dalam kegiatan gelar karya yang diadakan di aula SMP Santa Maria II Sidoarjo ini. Ketika saya berkunjung ke kelompok lain, saya membaca karakteristik negara ASEAN yang mereka pilih, semuanya bagus-bagus jadi waktu membaca itu tidak gampang bosan dan mudah dipahami, serta kreatifitas anak-anak juga luar biasa di sini. Saya jadi tahu semua karakteristik 10 negara ASEAN, mulai dari negara yang tidak mempunyai wilayah perairan, negara dengan beribu pulau, negara dengan luas terkecil, dan masih banyak lainnya. 

Penulis: 

Patricia Laura/ Kelas 8A