News &
Updates

News Image

Share

SERUNYA DEBAT TENTANG TEKNOLOGI AI
9 Januari 2024

Sidoarjo, Kampus Ursulin - SANMARU, bertempat di kelas 8A SMP SANTAI MARIA II SIDOARJO (08/01/2024).

Pada pukul 07.30 - 08.10, peserta didik kelas 8A melakukan literasi pagi mengenai teknologi AI yang dikatakan akan menggantikan manusia. Hari ini bersama Bu Dian, kami membahas hal tersebut sampai melakukan praktik debat tentang adanya teknologi AI.

"Apa itu AI?", Bu Dian memulai literasi dengan pertanyaan yang sederhana, dan ada yang menjawab "Artificial Intelligence bu.". AI adalah sebuah program yang didesain manusia untuk berpikir dan mengolah informasi seperti manusia. Mereka dilatih oleh programmer nya, supaya bisa diajak berbicara hingga mengolah informasi yang didapat.

Tapi, literasi hari ini bukan hanya berbicara tentang pengertian AI. Namun, kita juga membahas tentang hal yang membuat kita takut untuk mengembangkan teknologi. Seperti yang pernah kita dengar, pada masa depan para robot akan mengambil alih dunia dan merebut posisi manusia, tapi apakah akan seperti itu?

Lalu, kami diminta untuk melihat video yang sudah dibagikan Bu Dian melalui HP. Disitu dijelaskan mengenai teknologi AI hingga pembahasan tentang robot yang akan menguasai dunia pada masa depan.

Setelah melihat video tersebut, Bu Dian meminta beberapa anak untuk maju ke depan. Kami diminta untuk berdebat mengenai keberadaan AI yang harus dikembangkan atau tidak dikembangkan. Ada 2 kubu, yang setuju dengan keberadaan AI dan yang tidak setuju dengan keberadaan AI.

 

Debat pun dimulai, moderator mulai menanyakan pertanyaan kepada 2 kubu yang berdebat. Semakin lama, semakin sulit dan rumit untuk menjawabnya. Kami juga sempat diberikan kesempatan untuk bertanya kepada lawan mengenai pendapat seputar AI.

Setelah berdebat, kami menarik kesimpulan bahwa AI hanyalah kecerdasan buatan dan yang membuat juga manusia. Tetapi AI tidak bisa menggantikan 1 hal yang hanya dimiliki oleh manusia, yaitu perasaan dan emosi yang hanya dirasakan oleh manusia. Dengan kesimpulan yang didapat, kami semua sudah mengetahui tentang teknologi AI pada literasi pagi hari ini.

(BFPK - 8A)