News &
Updates

News Image

Share

SERUNYA MELAKUKAN EXPERIMEN
15 November 2023

 

Sidoarjo, Kampus Ursulin - Sanmaru. 
Waktu sudah menunjukkan pukul 09.00 WIB, waktunya para peserta didik kelas 9 melalukan experimen tentang massa jenis. Kali ini experimen massa jenis menggunakan air, minyak serta pewarna sebagai media experimen.  

Bertempat di ruang OSIS SMP SANTA MARIA II SIDOARJO, (24/10/23),

Seluruh peserta didik kelas 9 diurutkan secara kelompok yang berisi 5 orang dalam 1 kelompok untuk saling membantu dalam experimen dan dokumentasi. Experimen massa jenis ini dipimpin oleh Christalyn Cineshia Fonzie dan Alexander Adi wibowo yang sekarang menduduki bangku kelas 8.

Setiap peserta didik dalam kelompok melakukan metode tutor sebaya dalam experimen untuk memudahkan dalam percobaan dan meningkatkan sikap saling membantu antar teman.

"Hari ini kita akan melakukan percobaan massa jenis menggunakan air yang dicampur dengan minyak yang sudah dicampur dengan pewarna, dan bisa kita lihat bahwa minyak tidak bisa bersatu dengan air, namun pewarna akan luruh kebawah bersatu dengan air. " ucap Christalyn seraya menjelaskan tata cara berproses dalam experimen.

Setelah dijelaskan, para peserta didik segera mencoba mempraktikkan experimen tentang massa jenis ini, kebahagiaan serta rasa ingin tahu terpampang nyata dalam wajah mereka.

"Segera didokumentasikan dan dikirimkan ke link google drive yang sudah dibagikan, lalu mengisi refleksi experimen hari ini." Ucap Maria Dian. M, S. Pd selaku pendamping pada experimen massa jenis, yang akrab disapa bu Dian.

 

Dengan melakukan experimen ini kita semakin memahami apa yang dimaksud dengan massa jenis benda dan fungsinya bagi kehidupan sehari-hari.

Bagi beberapa peserta didik yang sudah pernah mendengar tentang massa jenis, akan semakin mendalami dan memahami bagaimana proses dalam menghitung massa jenis melalui experimen yang telah dilakukan.

(SPJ - 9B)