News &
Updates

News Image

Share

Serunya Mengidentifikasi Kandungan Borax pada Makanan Kaki Lima
13 Oktober 2023

Serunya Mengidentifikasi Kandungan Borax pada Makanan Kaki Lima

Sidoarjo, Kampus Ursuline - Sidoarjo
Ingin mengetahui apakah makananmu mengandung borax atau tidak? Inilah yang dilakukan oleh peserta didik 8B pada (09/10/2023). Pada saat jam literasi, tepat di Lab Biologi, peserta didik terlihat sedang membawa sedikit dari lauk bekal mereka untuk dites apakah makanan tersebut mengandung borax atau tidak. Mereka pun duduk berkelompok di meja-meja yang disediakan.

"Ayo teman-teman disini terlihat ada alat dan bahan yang akan digunakan. Kita memakai kunyit dan garam bleng untuk mengetahui apakah makanan kalian ada boraxnya atau tidak" ujar Rikardus Pancir, yang akrab disapa pak Riky selaku pembimbing mapel IPA.

"Campurkan kedua bahan dengan air, hancurkan sampel makanan yang kalian bawa, dan larutkan dengan air juga. Jika kalian meneteskan air kunyit ke larutan makanannya dan warna terlihat lebih oranye, maka tidak mengandung borax. Jika larutan makanan terlihat lebih kuning, maka makanan yang kalian bawa mengandung borax." Jelas guru Fisika dan Biologi SMP Santa Maria II Sidoarjo" ucap pak Riky.

Tujuan kegiatan ini diadakan itu adalah agar peserta didik dapat mengetahui dan mengenal tentang bahaya borax, manfaat borax, maupun penyakit yang dapat disebabkan oleh salah satu bahan pengawet ini.

"Apa kira-kira manfaat dari borax selain sebagai pembersih alat dapur atau pengawet kayu? Betul, sebagai pengawet makanan. Pedagang-pedagang menggunakan borax agar dagangan mereka awet. Tapi jika kalian mengonsumsi borax terlalu banyak, maka itu akan bahaya." Ujar Pak Riki.

Dengan adanya aktivitas ini,pak Riki berharap peserta didik dapat mengetahui cara melihat bahwa makanan mengandung borax atau tidak, dan juga berhati-hati akan adanya borax pada makanan yang biasa dikonsumsi.

(PGCD & QTW 8B)