News &
Updates

News Image

Share

TENANG DENGAN REFLEKSI
11 Januari 2024

 

Sidoarjo, Kampus Ursulin - SANMARU, 
"You can't go back and change the beginning but you can start where you are and change the ending" -C.S. Lewis
bertempat di kelas 8C (09/01/2024).

Setelah menjalani satu hari disekolah, telah menjadi kebiasaan baik untuk para siswa melakukan refleksi siang. Direfleksi ini, para siswa diminta untuk mengulas kembali makna apa yang mereka lakukan di satu hari tersebut. Refleksi ini dimulai dari pukul 12.55-13.35 siang. Dengan waktu 40 menit ini, terbilang sangat cukup untuk mengulas kembali apa yang terjadi pada hari itu. Tidak hanya menulis saja, namun direfleksi ini dapat dituangkan dalam sebuah karya seperti puisi, gambar, debat, dan lain-lain.


"Jangan hanya menjelaskan kronologi, tapi juga memaknai setiap kejadian yang terjadi pada hari ini" ujar Happy Kukilowati

Dengan metode 4F yaitu Fact, Feeling, Found, Future yang membuat siswa lebih memahami makna dari apa yang mereka lakukan, perasaan mereka, hal baru yang ditemukan, dan apa yang dilakukan untuk kedepannya. Hal ini bertujuan sangat baik dimasa depan agar mencapai masa depan yang sukses, karena dari setiap evaluasi dan makna yang mereka tuliskan itu dapat menjadikan pembelajaran yang sangat baik untuk hidup mereka.

"Dalam merefleksikan diri, kita harus tenang agar bisa fokus ya teman teman" ujar Happy Kukilowati yang kerap dipanggil Bu Happy

Dengan diadakan refleksi ini diharapkan dapat membuat siswa mengetahui apa saja makna yang mereka lakukan disuatu hari, dan dapat menjadikan nya sebagai pembelajaran untuk kemudian hari.

(DMJG & CCF 8C)