News &
Updates

News Image

Share

Terapkan Perilaku Makan yang Baik!
27 November 2023

Sidoarjo, Kampus Ursulin - Sanmaru, bertempat di Rumah Retret Bintang Kejora, Pacet, Jawa Timur. 
(13/11/2023), seluruh peserta didik kelas 9.

kegiatan retret diadakan agar peserta didik yang lulus dapat bertumbuh, berdampak, dan berbuah. Setelah sampai di lokasi retret peserta didik langsung disugguhi makanan berkuah hangat yaitu bakso daging dan segera di sajikan untuk disantap bersama.

"Selamat siang peserta didik, untuk pertama kali saya mengamati kalian makan bersama namun berkelompok kelompok antara peserta putri dengan putri dan peserta putra dengan putra, lebih harmony  apabila putri dan putra berbaur dan posisi duduk dapat  berselang seling, maka dari itu, kalian bisa bersosialisasi tidak hanya teman-teman tertentu saja" Ujar John, selaku pemateri dan pembimbing retret, yang akrab disapa pak John.

Pak John menjelaskan bahwa saat makan kita harus bersosialisasi bukan hanya berteman dengan teman tertentu saja namun bersosialisasi dengan teman yang lain. Oleh karena itu, gender bukanlah pembatas pertemanan.

"Sebelum kalian makan, kalian harus menunggu teman 1 meja. Jika kalian sudah selesai makan, bisa langsung menaruh piring ditempat cuci piring" Ujar pak John

Selesai makan peserta didik diarahkan untuk memisahkan sendok, garpu, gelas, dan piring kotor. Dengan ini peserta didik diajarkan untuk dapat mandiri dan membersihkan mejanya masing-masing.

Selain itu, kami juga diajarkan etika saat makan seperti tidak menyeret kursi, makan tidak dengan berbicara penuh makanan, kemudian duduk dengan membaur, menunggu doa, serta menunggu orang lain dalam satu meja sebelum makan.

Hal kecil seperti itulah yang dapat di gunakan untuk pembiasaan baik bagi kita semua saat makan bersama.

VAL- 9A