News &
Updates

News Image

Share

Upacara memperingati HUT RI yang ke 78
17 Agustus 2023

Sebagai warga negara Indonesia sudah sepatutnya kita memberikan penghormatan bagi para pejuang Kemerdekaan Indonesia melalui Upacara Bendera.

Demikian juga halnya yang dilakukan oleh Kampus Santa Maria Sidoarjo, pada hari kamis, (17/08/23) , pukul 07.00 - 08.00 wib melaksanakan Upacara Peringatan HUT RI yang ke 78, yang diikuti oleh seluruh peserta didik jenjang SD dan SMP dan warga sekolah.
Dengan mengusung tema "Terus maju untuk Indonesia Maju" yang dipimpin oleh ibu Laurencia Agustina, S.Pd sebagai pembina upacara.

Tema tersebut ada harapan yang ingin dicapai oleh seluruh masyarakat Indonesia yaitu  Indonesia bisa menjadi "Indonesia Emas" ucap ibu Laurencia. Penjelasan hal tersebut adalah agar kita warga Indonesia mau berjuang untuk mencapai impian.
Disaat pidato juga disampaikan Jargon Kampus " Focus, Berjuang, Maju" ucap bu Laurencia.
Hal ini dapat menjadi sejalan dengan tema besar dari negara kita.
Dan penjelasan dari Jargon kampus adalah setiap yang kita lakukan haruslah dikerjakan dengan fokus dan setia, selanjutnya setiap yang dilakukan harus terus diperjuangkan dan mau maju untuk memperbaiki setiap koreksi yang diberikan.
Di akhir pidato pembina upacara, dibacakan nasehat Santa Angela " Bertindaklah, majulah, percayalah, berusahalah, yakinlah, berserulah kepadanya dengan segenap hati anda. 
Anda tentu akan menyaksikan hal hal yang mengagumkan bila anda mengarahkan segalanya demi kemuliaan Allah dan kebahagiaan jiwa jiwa"  ucap bu Laurencia.

Nasehat Santa Angela dapat diperumpamakan sebagai vitamin setiap pagi bagi semua warga sekolah Ursulin karena dapat memberikan motivasi bagi setiap langkah yang diambil dalam karya hidup sehari-hari.

Seperti halnya sekolah yang lain pada umumnya kegiatan Upacara Peringatan HUT RI sudah lazim dilaksanakan.
Namun ada hal yang berbeda saat pelaksanaan upacara di Kampus kami, yaitu keikutsertaan para orang tua dalam mengikuti kegiatan upacara dengan semangat dan antusias.
Meskipun para orang tua tidak mengenakan seragam khusus namun semangat mereka 
Kejadian tersebut menambah rasa Nasionalisme dan Persatuan bagi warga Kampus kami secara khusus dan bangsa Indonesia pada umumnya.

Rasa Nasionalisme sangat dirasakan saat kegiatan Upacara di hari itu, hal tersebut terlihat dari kesungguhan seluruh petugas, seluruh peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan dan beberapa orang tua yang ikut hadir mengikuti upacara.
Rasa kebersamaan dan persatuan juga sangat terlihat dalam perayaan HUT RI.
Merdeka Merdeka Merdeka!!!
(FND)