News &
Updates

News Image

Share

Belajar Jurnalistik Terasa Asik Bersama Jawa Pos
17 Oktober 2024

SIDOARJO, Kampus Ursulin-Sanmaru. "Belajar bukan satu-satunya tujuan hidup. Namun, pendidikanlah yang membuatmu mampu meraih cita-cita."

Rabu, (16/10/2024) beberapa perwakilan peserta didik dari Kampus Santa Maria Sidoarjo melakukan kunjungan belajar ke Jawa Pos, yang tepatnya terletak di gedung Graha Pena Surabaya. Peserta didik yang melakukan kunjungan adalah peserta ekstrakulikuler jurnalistik, broadcasting, dan perwakilan dari tim pers setiap kelas. Selain itu juga ada guru pendamping di antaranya Pak Hendry, Pak Charles, Bu Yolan, dan Pak Duncan.

Dalam kunjungan ini, mereka belajar tentang materi dasar-dasar jurnalistik dari tim redaktur Jawa Pos yang bernama Juneka Sabahiul Mufid atau yang akrab di sapa dengan Pak Jun.

"Jurnalistik itu mencari-mengolah-menyiarkan suatu informasi yang kita dapatkan" Kata Juneka.

Selain mendapatkan materi dasar jurnalistik, mereka juga diajak untuk masuk ke dalam studio siaran Jawa Pos. Di dalam studio mereka juga mendapatkan materi tentang bagaimana cara menyiarkan berita benar.

"Jadi, kalau jenis beritanya itu adalah berita yang serius, maka kita menyiarkannya juga dengan serius, sedangkan jika berita tersebut adalah berita yang soft, maka cara membaca kita juga boleh sesekali dengan senyum" kata narasumber.

Di akhir acara kunjungan tersebut ada 2 hadiah voucher yang diberikan oleh Jawa Pos kepada peserta didik yang aktif.

"Saya merasa sungguh senang hari ini, karena saya dapat mempelajari banyak hal tentang jurnalistik dari Jawa Pos. Di sini tempatnya juga bagus, jadi recommend banget." Kata Gifford peserta didik kelas 9 memberikan pesan kesannya.